Pink Arrow, Bow Tie Hearts Blinking, Letter F faizatunnisa's blog: Nama - Nama Neraka Dan Calon Penghuninya

Translate Language

hadist-hadist Rasulullah SWT

"Siapa yang membaca tiap habis shalat, Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu Akbar 33 kali, lalu untuk mencukupkan bilangan seratus membaca 'Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul-mulku walahul-hamdu wahuwa 'alaa kulli syai'in qadir' maka akan diampunkan baginya semua dosa-dosanya meski pun sebanyak buih air laut." (HR Muslim)
Ibnu Umar r.a. berkata: Bersabda Nabi SAW, "Cukurlah kumis dan peliharalah jenggot."
(Bukhari - Muslim)
Sesungguhnya pengobatan dengan mantra-mantra, kalung-gelang penangkal sihir dan guna-guna adalah syirik. (HR. Ibnu Majah)
Rasulullah Saw melarang mengapur kuburan, duduk-duduk di atas kuburan
dan membina kuburan (dibangun dengan bata atau dengan ubin, dll) tapi
berupa unggukan tanah saja setinggi satu jengkal. (HR. Muslim)
Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, yang bagaimanakah orang yang baik itu?” Nabi Saw menjawab, “Yang panjang usianya dan baik amal perbuatannya.” Dia bertanya lagi, “Dan yang bagaimana orang yang paling buruk (jahat)?” Nabi Saw menjawab, “Adalah orang yang panjang usianya dan jelek amal perbuatannya.” (HR. Ath-Thabrani dan Abu Na’im)
Sebaik-baik wanita ialah yang paling ringan mas kawinnya. (HR. Ath-Thabrani)

Minggu, 05 Agustus 2012

Nama - Nama Neraka Dan Calon Penghuninya

Setiap agama mengenal istilah neraka sebagai tempat pembalasan atas perbuatan manusia yang dinilai menyimpang dalam aturan agama. dalam islam, neraka adalah tempat penyiksaan bagi makhluk Allah yang melanggar dan membangkang terhadap syari'at Allah dan mengingkari Rasul-Nya. Al-Qur'an menyebutkan bahwa didalam nereka berkobarlah api yang melahap para penguninya. Bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Pintu gerbang neraka dijaga oleh Malaikat Malik bersama beberapa malaikat penyiksa lainnya.
berikut adalan nama-nama Neraka dan para calon penghuninya :

a.       Neraka Jahanam
“ Dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke Neraka Jahanam dalam keadaan dahaga.” (Q.S. Maryam [19]:86)
        Adapun para calon penghuni Neraka Jahanam di antaranya :
1.    Orang – orang munafik.
2.    Orang – orang kafir.
3.    Mereka yang menentang kebenaran Rasul dan menjadi pengikut syaitan.
4.   Mereka yang selalu menyimpan emas dan perak tanpa menafkahkan sebagiannya di jalan Allah SWT.
5.   Mereka yang hidupnya selalu bergelimang dosa.

b.      Neraka Jahim
Firman Allah SWT, “Niscaya kamu benar-benar akan melihat Neraka Jahim.”(Q.S. At-Takatsur [102]:6)
Adapun mereka yang diancam menjadi penghuni Neraka Jahim diantaranya :
1.   Orang – orang kafir,
2.   Orang – orang yang durhaka,
3.   Mereka yang menentang ayat-ayat Allah,
4.  Mereka yang dilalaikan oleh urusan harta benda sehingga melupakan Allah, hidupnya hanya untuk mengejar materi dan menumpuk harta benda, tanpa memedulikan perintah agama.

c.       Neraka Hawiyah
Firman Allah SWT, “Dana adapun orang-orang yang ringan timbangan amal (kebaikan)-nya. Maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah Neraka Hawiyah itu ? ( Yaitu ) api yang sangat panas.” (Q.S. Al-Qari’ah[101]:8-11)
        Dari ayat tersebut jelaslah bagi kita mengenai gambaran Neraka Hawiyah dan orang yang diancam menjadi penghuninya, yaitu mereka yang ringan timbangan amal kebaikannya dan dosa-dosanya lebih banyak dan lebih berat.

d.      Neraka Wail
“Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka. Maka kecelakaanlah (Neraka Wail) bagi orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang benar.” (Q.S. Maryam [197]:37)
        Adapun orang – orang yang menjadi calon penguninya :
1.   Orang – orang kafir,
2.  Mereka yang berlaku curang dalam takar-menakar, timbang – menimbang , ukur – mengukur , dan berbagai bentuk kecurangan lain yang biasanya dilakukan antara penjual dan pembeli.
3.   Orang-orang yang lalai dari shalatnya, dan orang-orang yang tidak ikhlas dalam beramal.
4.   Para pendusta yang bermain-main dalam kebathilan.

e.      Neraka Sa’ir
“Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka), mereka kekal didalamnya selama-lamanya, mereka tidak memperoleh seorang perlindung dan tidak (pula) seorang penolong.” (Q.S. Al-Ahzab [33]:64-65)
Para calon penghuninya adalah :
1.    Orang-orang kafir,
2.    Orang yang menerima buku catatan amalnya dengan tangan kiri dan dari belakangnya,
3.    Syaitan dan para pengikutnya,
4.  Mereka yang tetap terbelenggu dan berpegang teguh pada tradisi kesepakatan yang  mereka warisi dari bapak-bapak dan nenek moyang mereka, setelah datang kepada mereka kebenaran yang dibawa Rasul,
5.    Orang-orang yang terperdaya dan tertipu dengan kehidupan dunia,
6.    Orang yang memakan harta benda anak yatim dengan cara zalim.

f.        Neraka Lazha
“Karena itu Kami peringatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala. Tidak ada yang ke dalamnya kecuali orang-orang yang paling celaka, yang mendustakan (kebesaran) dan berpaling (dari iman).” (Q.S. Al-Lail[92]:14-16)
        Calon penghuninya :
1.  Orang-orang yang mendustakan kebenaran agama yang dibawa oleh Rasul dan berpaling dari keimanan, sebagaimana disebutkan dalam ayat diatas,
2.  Orang yang selalu menumpuk-numpuk harta benda tanpa menghiraukan yang halal dan yang haram, dan tidak pula mau menginfakkan dijalan Allah SWT. Hidupnya selalu menjauh dan membelakani agama. Apa yang diperintahkan agama tidak dipenuhi dan apa yang dilarang selalu dilanggar.

g.       Neraka Saqar
“Aku akan memasukkannya kedalam Neraka Saqar. Tahukah kamu apakah Neraka Saqar itu ? Saqar itu meninggalkan dan tidak membiarkan. Neraka Saqar adalah pembakaran kulit manusia. Di atasnya ada Sembilan belas (malaikat penjaga).” (Q.S. Al-Muddatstsir[74]: 26-30)
        Calon penghuninya :
1.  Orang – orang yang melecehkan dan menghina Al-Qur’an,
2.  Orang-orang yang tidak pernah mengerjakan sholat, tidak mau memberikan makan orang miskin, suka berbicara bathil, dan mendustakan hari Pembalasan.

h.      Neraka Huthamah
“Dan Ketahuilah kamu apa Huthamah itu ? (yaitu) api yang disebutkan Allah yang dinyalakan, yang naik sampai ke hati.” (Q.S. Al-Humazah[104]:5-7)
        Adapun orang-orang menjadi calon penghuni Neraka Huthamah ialah orang-orang yang hidupnya hanya bertujuan untuk menumpuk-numpuh harta benda dan menghitung-hitungnya, tanpa memedulikan kondisi masyarakat sekitarnya yang membutuhkan. Mereka tidak pula mengeluarkan zakat, tidak bersedekah, dan tidak pula membelanjakan sebagian harta bendanya untuk kepentingan agama dan perjuangan.


Sumber : Buku Berjudul ' Ibadah-Ibadah Wanita Yang Dirindukan Surga' 

2 komentar:

  1. I hope faizatunnisa be prospective residents of paradise

    AMIN........... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum
      I'm so sorry cause i'm too late for reply this comment,
      Thanks you so much for beautiful pray to me,
      I hope you get too..

      Amiiinn

      Wassalamualaikum

      Hapus